Nikmati Weekend di Pawon Purba dan Gunung Ireng


Pemandangan Pawon Purba

Weekend adalah waktu terbaik untuk me-refresh-kan pikiran dan badan. Waktu yang pas juga untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. 

Contoh tempat yang bisa dikunjungi saat weekend adalah tempat makan dan wisata yang menyajikan pemandangan indah. Di Gunungkidul, ada tempat wisata yang bisa jadi referensi wisatawan, Pawon Purba dan Gunung Ireng namanya. 

Pawon Purba 

Tempat makan yang memiliki konsep tradisional ini tak pernah sepi pengunjung. Dua kali saya dan keluarga ke sana, pasti selalu ramai. Lokasinya ada di Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul, DIY.

Pawon Purba

Pawon Purba menyediakan makanan bervariasi, tentunya dengan tema makanan desa yang sedep dan bikin nagih, seperti jangan lombok (sayur cabai), trancam, terong balado, telur dadar/crispy, sayur daun pepaya, oseng kikil, tahu bacem, sambal bawang, nasi berkat, dan lain-lainnya. Nasi yang disediakan juga ada nasi putih, nasi merah, nasi thiwul. Favorit saya di Pawon Purba adalah tahu bacemnya yang rasa manisnya merasuk ke dalam. Untuk sayur daun pepaya juga tak terasa pahit, jadinya saya berani makan. Untuk menu minumannya juga beragam, es jeruk/teh, kopi coklat, wedang jahe, jus, es krim, dan banyak lagi. 

Akses jalan menuju Pawon Purba juga mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat. Tempat parkirnya luas. Nuansa di sana juga syahdu karena kita bisa makan dengan view Pegunungan Api Purba dan hamparan sawah yang hijau. Tempat duduk dan meja yang tersedia juga khas zaman dulu. Bahkan, disediakan juga tempat duduk yang langsung menghadap Pegunungan Api Purba dan hamparan sawah. 

Gunung Ireng

Setelah dari Pawon Purba, saya beranjak ke Gunung Ireng karena penasaran dengan rutenya yang katanya cuma pendek, sekitar 5 menit sampai puncak. 

Ternyata, setelah sampai di sana, saya dan keluarga cukup kesiangan. Pemandangan yang kami lihat pukul 10.00 WIB sudah tak seindah jika dilihat di pagi hari. Tapi tidak apa-apa. Bagus juga bisa lihat view dari Gunung Ireng. 

Puncak Gunung Ireng

Akses jalan menuju lokasi ini juga cukup mudah dijangkau. Jarak dari Pawon Purba ke sini kurang lebih 15-19 menit. Biaya tiket masuk hanya Rp5.000 per orang. 

Sesampainya di atas gunung, kami bisa melihat bebatuan hitam dan beberapa gazebo yang memang disediakan untuk tempat menikmati pemandangan di sana. Oiya, ada juga sebuah rumah kayu yang bagus jadi spot foto. Hmm... datang ke sini siang-siang juga ngga begitu rugi kok :) 

Salah satu spot foto di Gunung Ireng

Demikian dua destinasi yang bisa jadi referensi untuk menghabiskan weekend di Gunungkidul. Secara keseluruhan, biaya yang dihabiskan juga tidak begitu mahal. Akses jalan cukup mudah. Pengalaman yang didapat juga cukup bermakna dan menyenangkan. 




2 comments for "Nikmati Weekend di Pawon Purba dan Gunung Ireng"

Comment Author Avatar
Harus nyoba sunrise di Gunung Ireng sih
Comment Author Avatar
Very recommended, Kak. 👍👍👍