Booxberkah: Berbagi Kasih Sayang dengan Gerakan Jumat Berkah

 



Dalam kepedulian, kita menemukan kekuatan.
Dalam kebersamaan, kita temukan keberanian.
Berbagi adalah benang yang menjahit kebersamaan.
Menganyam kasih, menenun rasa dalam kehidupan.

Teman-teman pasti sudah sering melihat content creator di media sosial Instagram, TikTok, atau YouTube yang mengampanyekan gerakan berbagi makanan atau bentuk lain. Contoh content creator yang sering membuat gerakan berbagi makanan di hari Jumat adalah @ameliaandini. Ya, perempuan hijaber ini sering berbagi video pendek yang menampakkan prosesnya saat masak hingga membagikan makanan ke orang-orang. 

Saya selalu salut dengan kampanye berbagi makanan yang dilakukan orang-orang. Apalagi saat dibagikan ke media sosial, video tersebut justru bisa berdampak besar karena bisa jadi menggerakkan hati orang lain juga untuk melakukan kebaikan. 

Sebuah penelitian oleh Atmoko, dkk (2019) yang berjudul Kontribusi Gerakan Berbagi Nasi Yogyakarta Bagi Masyarakat Kota Yogyakarta menjelaskan, adanya beberapa alasan yang melatarbelakangi Komunitas Berbagi Nasi Yogyakarta, yaitu keterbatasan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari; adanya warga masyarakat yang mampu dan mau berdonasi namun terkendala waktu; serta makan sebagai kebutuhan saat bekerja. Kontribusi Gerakan Berbagi Nasi Yogyakarta bagi masyarakat Kota Yogyakarta adalah memberikan perhatian pada masyarakat kurang mampu, membantu mengenyangkan perut masyarakat pekerja di Yogyakarta, dan meringankan beban masyarakat pekerja di Kota Yogyakarta. 

Selain membawa manfaat untuk masyarakat sekitar, berbagi makanan juga menjadi langkah si pemberi untuk membersihkan hartanya. Hal ini juga berkaitan dengan hadist dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah memberi, dan tangan di bawah adalah meminta." Yang pasti, dengan memberi, kita menjadi sebab orang lain tersenyum karena menerima pemberian yang kita siapkan.

Nah, saya juga punya teman yang melakukan gerakan berbagi makanan di Yogyakarta setiap momen Jumat Berkah. Namanya Booxberkah. Pencetusnya adalah Mas Bagus Febriyono. Ia sering berbagi makanan untuk orang-orang membutuhkan yang ada di pinggir jalan dan jamaah di masjid sekitar Yogyakarta. Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk bertanya beberapa hal tentang latar belakangnya membentuk booxberkah hingga proses masak dan pembagian makanan ke orang-orang yang membutuhkan. Berikut beberapa hal yang saya tanyakan.  

Gimana awalnya Mas Bagus bisa membentu booxberkah? 

Awalnya dulu saya jualan nasi kuning dan nasi uduk. Setiap hari saya sisihkan untuk disedekahkan ke pemulung, orang jalanan, dan lain-lain. Suatu hari saya coba iseng-iseng tawarin ke temen-temen untuk ikutan, ternyata antusias temen-temen sangat tinggi hingga informasi ini semakin meluas ke orang lain. Jadi, kami berusaha menjembatani melalui program Jum’at Berkah

Adakah teman yang membantu/jadi partner saat distribusi makanan?

Sebenernya ini project mandiri, tapi ada kawan yang turut membantu misal jadi supir saat pembagian, kameramen untuk dokumentasi, atau sekadar bantu share informasi ke temen lainnya. Jadi sebenarnya tidak ada kawan yang memang tetap membantu untuk setiap harinya.

Apa kendala yang biasanya ditemui saat proses berbagi makanan?

⁠Kendala yang dihadapi biasanya kalau tidak ada temen yang bisa bantu, jadi harus membagikan sendiri pakai motor, minta tolong orang lain untuk menggambil gambar. Selain itu, tenaga cukup terkuras ketika mengerjakan sendiri.

Gimana cara mengajak teman-teman untuk ikut mendukung gerakan booxberkah?

⁠Saya coba mengajak teman-teman terdekat di WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Alhamdulillah semakin hari terus bertambah orang-orang baru yang ikut berkontribusi.

Apa harapan ke depan agar gerakan booxberkah ini makin berkembang?

⁠Kedepan ingin memperluas jangkauan dan punya mobil untuk mobilisasi saat pembagian dan untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya.




Kalau Teman-teman ingin tahu lebih banyak tentang Booxberkah, silakan kepoin Instagram-nya @booxberkah. Mulai Rp10.000, kalian sudah bisa bersedekah satu porsi nasi untuk saudara kita. Mari kita jadikan sedekah sebagai lifestyle sekaligus membersih harta. Coba deh, kalau sedang bersedih hati, bersedekah bisa jadi obat untuk mengembalikan mood :) 


Sumber gambar: 
www.freepik.com 

Sumber artikel jurnal: 
Atmoko, B. D., Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2020). KONTRIBUSI GERAKAN BERBAGI NASI YOGYAKARTA BAGI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA. E-Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi9(2).


24 comments for "Booxberkah: Berbagi Kasih Sayang dengan Gerakan Jumat Berkah "

Comment Author Avatar
Semoga keinginannya punya mobil buat kliling bagiin nasi terwujud ya kak. Bahkan kalo perlu punya rumah makan gratis sendiri walau khusus hari jum'at dulu
Comment Author Avatar
Aamiin, Kak. Kita doakan bersama yaa Kak. Berkah dan lancar selalu untuk aktivitas Kak Sarah. 😊🙏
Comment Author Avatar
Kadang memang ada banyak orang yang ingin bagi-bagi makanan tapi terkendala waktu. Kalau ada yang memfasilitasi kan enak ya. Yang punya dana untuk sedekah tinggal sisikan dana lalu dibantu sama booxberkah.
Comment Author Avatar
Betul sekali. Peluang kebaikan sdh meluas dan makin mudah dijangkau 😊
Comment Author Avatar
Di sekolah anakku juga kalau hari jum'at ada jum'at berbagi. Kegiatan berbagi ini menurutku bagus banget dan menginspirasi. Semoga segalanya dimudahkan dalam proyek-proyek kebaikan kaya gini. :)
Comment Author Avatar
Wahh keren, Kak. Program sedekah sdh diajarkan sejak dini. Smg muncul bnyk generasi dermawan yg gemar berbagi. 🙏
Comment Author Avatar
Alhamdulillah, kegiatan berbagi seperti Booxberkah ini semakin banyak ya. Sungguh mulia hati orang-orang yang berkenan meluangkan waktu, harta, dan tenaganya seperti ini. Karena saya tahu ini pekerjaan yang gak mudah. Semoga semakin banyak ya proyek saling membantu seperti ini di luar sana.
Comment Author Avatar
Betul, Kak. Saya pun salut dgn kawan-kawan yang mengambil peran ini. Smg Allah mudahkan dan berkahi kontribusi mereka, serta membalas dengan beribu kebaikan
Comment Author Avatar
Masya Alloh berkah selalu ya Booxberkah dan para donaturnya. Sekarang kalau mau jumat berkah jadi mudah ya, kalau ga sempat nyiapinnya bisa ke Booxberkah aja
Comment Author Avatar
Aamiin Ya Allah. Smg Allah ijabah doa orang-orang baik dan membalasnya dengan pahala kebaikan. 🙏
Comment Author Avatar
Alhamdulillah..senang rasanya mengetahui semakin banyak yg terketuk hatinya utk berbagi. Untuk Booxberkah ini..semoga semakin banyak menebar manfaat ya..
Comment Author Avatar
Aamiin, Kak. Kita doakan bersama yaaa. Saya pun salut dengan berbagai gerakan berbagi kebaikan yg makin menjamur di berbagai kota.
Comment Author Avatar
Tidak berkurang harta dengan sedekah, Itu benar sekali adanya. Kalaupun tidak membuat kita kaya raya, ada banyak ganti yang sangat berharga. Misalnya mungkin Allah ganti dengan ketenangan hati, keharmonisan dengan pasangan, jadi lebih banyak teman, dll.
Comment Author Avatar
Setuju sekali, Kak. Balasan Allah dalam berbagai bentuk dan berbagai versi luar biasa yang mungkin kurang disadari manusia.
Comment Author Avatar
Masya allah selalu terharu melihat orang2 suka berbagi seperti booxberkah ini.. Keinginan untuk seperti mereka jadi terpanggil, karena bersedekah itu takkan pernah mengurangi uang kita tapi malah semakin bertambah” jadinya.. Smga menular dan makin bnyk org yg punya kebaikan tlus seperti ini yaa
Comment Author Avatar
Aamiin. Setuju, Kak. Banyak peran kebaikan yang bisa kita ambil.
Comment Author Avatar
Wah, inspiratif banget! Booxberkah ini bisa jadi contoh nyata buat kita semua, yuk bareng-bareng ikut gerakan berbagi di hari Jumat biar berkah terus mengalir! 😊✨
Comment Author Avatar
MasyaAllah menginspirasi pastinya Booxberkah, karena jadi langkah dapat berkah dengan saling berbagi kebahagiaan. Semoga bisa menular ada di tempat lain juga
Comment Author Avatar
Keren sekali idnya utk berbagi kpd sesama. Hal2 kecil tapi sangat bermakna bg org2 yg ga berpunya. Smg kita diberikan rezeki utk bs berbuat baik spt Boooxberkah ini ya kak.
Comment Author Avatar
Booxberkah, Wadah yang tepat untuk orang2 yang mai berbagi atau bersedekah sehingga bisa tersalurkan dengan baik dan tepat
Comment Author Avatar
Program begini yang perlu ditiru. Kita berbagi dan bisa saling tolong menolong. Semoga program Jumat Berkaj Nooxberkah kian banyak yang ikut. Biar makin banyak yang bersedekah dan makin banyak yg langsung menerima sedekah itu.
Comment Author Avatar
Ah keren sekali program ini
Program yang inspiratif banget
Semoga Booxberkah makin sukses dan makin menebar manfaat bagi sesama
Comment Author Avatar
Waaaahh ada program seperti iniiii. Inovatif banget sih, kita perlu gerakan gerakan seperti ini buat kesejahteraan sosial bersama
Comment Author Avatar
Semoga lancar untuk program Booxberkah.
Dan lancar juga rejekinya.
Pingin banget bisa menebar kebermanfaatan untuk sesama seperti ini.